• Kamis, 6 Oktober 2022

Kemenhub Terbitkan Surat Edaran Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Transportasi Laut dan Kereta Api

- Jumat, 11 Maret 2022 | 17:30 WIB
Gambar: (Instagram/@kemenhub151)
Gambar: (Instagram/@kemenhub151)

CERITANEWS, Jakarta - Buat para pelaku perjalanan dalam negeri yang sudah mendapatkan dosis 2 dan 3 kini tidak harus menunjukkan tes PCR dan Anitgen negatif.

Demikian salah satu isi dari Surat Edaran terbaru dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI.

Peraturan tersebut tertuang dalam SE Kemenhub Nomor 24 dan 25 Tahun 2022 terkait Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Laut dan Kereta Api Pada Masa Pandemi Covid-19.

Peraturan ini merujuk pada SE Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 11 Tahun 2022.

Sebelumnya, petunjuk pelaksanaan transportasi udara dan darat telah diterbitkan melalui SE No. 21 dan No.23.

Baca Juga: Terduga Teroris yang Ditembak Mati Densus 88 Seorang Dokter Aktivis Sosial dan Kemanusiaan

“Dengan demikian, keempat SE Kemenhub sebagai petunjuk teknis pelaksanaan syarat perjalanan dalam negeri untuk moda transportasi darat, laut, udara dan kereta api sudah diterbitkan, merujuk pada SE Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 11 Tahun 2022,” kata Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati di Jakarta, Rabu 9 Maret 2022.

Melansir laman Kemenhub, Dephub.go.id, Berikut Sejumlah ketentuan baru yang diatur untuk Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) dengan moda transportasi udara, laut, darat dan kereta api, yakni:

1. Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) dengan yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua atau vaksinasi dosis ketiga (booster) tidak diwajibkan menunjukan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen;

2. PPDN yang telah mendapatkan vaksinasi dosis pertama wajib menunjukan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3 x 24 jam atau rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 1 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai syarat perjalanan;

Halaman:

Editor: Eko Budiarso

Sumber: Kemenhub

Tags

Terkini

Waspada, Modus Baru Aksi Penipuan Pura-Pura Tertabrak

Sabtu, 29 Januari 2022 | 19:44 WIB

Terpopuler

X