• Selasa, 31 Januari 2023

Partai Republik Gugat KPU di PTUN dan Optimis Lolos Pemilu 2024

- Selasa, 3 Januari 2023 | 09:06 WIB
Suasana Persidangan di PTUN Jakarta, Senin 2 Januari 2023.  (Mht)
Suasana Persidangan di PTUN Jakarta, Senin 2 Januari 2023. (Mht)

CERITANEWS, Jakarta - Partai Republik resmi menggugat Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN), setelah dinyatakan tak lolos verifikasi administrasi calon peserta Pemilu 2024.

Gugatan itu terdaftar pada Kamis 22 Desember 2022, dengan nomor registrasi 456/G/SPPU/2022/PTUN.JKT seperti dikutip dari situs resmi PTUN Jakarta.

Sidang yang ketiga ini, Partai Republik menghadirkan 18 Saksi dari berbagai kota dan provinsi di Indonesia dengan agenda pengajuan tambahan bukti para pihak dan saksi serta Ahli dari Penggugat berlangsung di ruang Kartika, PTUN Jakarta, Senin 2 Januari 2023.

Partai Republik menggugat Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 518 Tahun 2022 Tentang Penetapan Partai Politik Peserta pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat.

Mereka menilai keputusan KPU tersebut dilakukan berdasarkan hasil pekerjaan staf teknis yang tidak cermat, dan terkesan asal-asalan sehingga menghasilkan keputusan yang merugikan Partai Republik.

Salah satu yang dipersoalkan adalah tentang adanya gangguan di dalam sistem informasi politik (SIPOL) KPU saat Partai Republik melakukan input data perbaikan 1X24 jam sehingga banyak data yang gagal terinput dengan baik.

Penasehat Hukum Partai Republik, M.Ali Syaifudin SH MH (Mht)

Penasehat Hukum Partai Republik, M.Ali Syaifudin SH MH mengatakan bahwa Partai Republik meminta majelis hakim PTUN Jakarta membatalkan keputusan atau menyatakan tidak sah berita acara KPU RI per 18 November 2022 yang menyatakan mereka tidak lolos verifikasi.

"Partai Republik tidak masuk dalam putusan 518 ( keputusan KPU) yaitu tidak masuk dalam peserta pemilu 2024 karena itu kita Partai Republik mengajukan gugatan ke PTUN," kata Ali di sela-sela persidangan di PTUN Jakarta, Senin 2 Januari 2023

Halaman:

Editor: Moh Hatta Tahir

Tags

Terkini

X