• Minggu, 27 November 2022

Kembali Tidak Diloloskan, Partai Republik dan Parsindo Gugat KPU

- Minggu, 20 November 2022 | 10:18 WIB
Ketua KPU Hasyim Asy'ari  (Tangkapan layar Instagram @kpu_ri)
Ketua KPU Hasyim Asy'ari (Tangkapan layar Instagram @kpu_ri)

Ceritanews - Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU) menyatakan 5 partai politik pemenang gugatan di Bawaslu tidak lolos verifikasi administrasi perbaikan.

Keputusan itu tertuang dalam surat keputusan KPU Nomor : PL/01.1-pu/05/2022 yang ditanda tangani Ketua KPU Hasyim Asy'ari pada 18 November 2022.

Menyikapi hal itu, Ketua Umum Partai Swara Rakyat Indonesia atau Parsindo, Jusuf Rizal mengungkapkan bahwa pihaknya akan melakukan gugatan terhadap Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) atas dugaan pelanggaran pada pasal 3 PKPU Nomor 4 Tahun 2022.

Baca Juga: Keputusan KPU RI terhadap Lima Parpol Menang di Bawaslu

“Kami akan menggugat KPU lagi melalui Bawaslu. Karena dalam menjalankan keputusan Bawaslu Nomor : 004/PS.REG/ BAWASLU/X/2022, setelah menang dalam gugatan sebelumnya, dalam pelaksanaan keputusan Bawaslu, KPU melanggar Pasal 3 PKPU Nomor 4 Tahun 2022,” ucapnya kepada wartawan, Sabtu,19 November 2022.

Saat ini tim kuasa hukum, kata Rizal tengah mempersiapkan materi gugatan terkait keputusan KPU tersebut.

Rizal menilai KPU telah mempersulit dalam proses administrasi Partai Parsindo, saat melakukan perbaikan 1 x 24 Jam, sehingga tidak maksimal melakukan perbaikan verifikasi administrasi.

“Karena itu dalam upaya menegakkan keadilan Partai Parsindo menggunakan hak sebagai Calon Peserta Pemilu 2024. Selain itu, keputusan menggugat KPU merupakan aspirasi kader Partai Parsindo Seluruh Indonesia guna mendorong transparansi pengelolaan KPU yang dibiayai negara trilyunan rupiah,” tuturnya.

Saat yang sama, Ketua Harian DPP Partai Republik Agung Sedayu menyatakan keputusan KPU tersebut sangat kontroversial dan merupakan bentuk dari abuse of power atau penyalahgunaan wewenang.

Halaman:

Editor: Moh Hatta Tahir

Tags

Terkini

Syaikh Usamah AI Sayyid Al Azhari Mengapresiasi UAS

Jumat, 25 November 2022 | 16:29 WIB

Pesta Demokrasi dan Konsolidasi Politik

Rabu, 16 November 2022 | 18:58 WIB
X