• Kamis, 6 Oktober 2022

Kapan Malam Lailatul Qadar? Berikut Ciri-ciri dan Doa Lailatul Qadar

- Jumat, 22 April 2022 | 19:37 WIB
Malam Lailatul Qadar
Malam Lailatul Qadar

CERITANEWS - Malam Lailatul Qadar adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan, karena amalan yang dilakukan pada malam itu sama dengan amalan yang dikerjakan selama seribu bulan.

Hal itu membuat seluruh umat muslim menantikan datangnya malam Lailatul Qadar. Simak ciri-ciri dan bacaan doa Lailatul Qadar melalui artikel ini. Lailatul Qadar jatuh pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.

Hal itu seperti sabda Nabi Muhammad SAW tentang malam Lailatul Qadar, "Carilah lailatul qadar di sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadan pada sembilan, tujuh, dan lima malam yang tersisa."

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, Lailatul Qadar tidak bisa diprediksi kapan tiba waktunya. Namun, berikut ada beberapa ciri-ciri malam Lailatul Qadar yang dilansir dari berbagai sumber.

  1. Saat beribadah, hati terasa nyaman dan tentram bahkan hingga merasa terharu bahagia lantaran merasakan ketentraman dari Allah SWT pada malam lailatul qadar.
  2. Kita bisa merasakan keadaan alam semesta yang jauh lebih tenang, asri, dan memberikan perasaan hangat yang lebih nyaman daripada sebelumnya.
  3. Udara yang dirasakan tidak begitu panas atau dingin, bisa dikatakan udara yang kita rasakan sangat sejuk.
  4. Sinar matahari berasa teduh pada keesokan harinya dan suasana terasa hangat.
  5. Sebelum matahari terbit, kita bisa melihat bulan muncul di malam lailatul qadar bersinar besar. Kita juga akan bermimpi melihat wujud lailatul qadar selama tujuh malam terakhir bulan Ramadhan.

Ketika di malam Lailatul Qadar, kita dianjurkan untuk memohon pengampunan dari Allah SWT. Berikut bacaan doa Lailatul Qadar beserta dengan artinya.

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Bacaan latin: Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwan fa'fu 'anni

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf, dan Engkau suka memberi maaf, maka maafkan aku."

Itulah ciri-ciri malam Lailatul Qadar dan doanya.***

Halaman:

Editor: Eko Budiarso

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X